Alasan aplikasi kompas dan penunjuk arah kiblat tidak berfungsi di ponsel android kamu

 on Sunday, August 5, 2018  

Ada yang coba download aplikasi kompas di android tapi tidak berfungsi? Arah kompas tidak bergerak dan tetap tidak berubah seperti layaknya kompas. Aplikasi kompas biasanya berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin dan juga ada aplikasi kompas yang difungsikan untuk penunjuk arah kiblat untuk muslim. Ternyata tidak semua HP atau smartphone mendukung aplikasi kompas ini.




Aplikasi kompas dan aplikasi penunjuk arah kiblat menggunakan sensor kompas yang ada di HP. HP yang memiliki sensor compass memiliki magnetic sensor yang sudah tertanam pada perangkat keras atau hardware perangkat android tersebut.

Jadi kalau kompas tidak berfungsi di ponsel kamu coba perhatikan spesifikasi ponsel kamu apakah memiliki sensor kompas atau tidak. Jika tidak ada sensor kompas mau diapapun aplikasi kompas tidak akan berfungsi di HP atau ponsel kamu itu. 

Ponsel android biasanya sudah dibekali dengan berbagai macam sensor salah satunya sensor compas namun tentunya tidak semua ponsel  yang memiliki sensor tersebut. Contohnya ponsel merk Samsung seri J ternyata tidak memiliki sensor kompas. Sedangkan pada  Samsung Galaxy A5 ada sensor kompasnya sehingga aplikasi kompas bisa berfungsi di ponsel tersebut. Ada beberapa merek ponsel lain yang ternyata juga tidak memiliki sensor compass. Jika aplikasi kompas tidak berfungsi di ponsel android kamu maka bisa jadi ponsel kamu tidak memiliki sensor kompas.

Namun ada juga kejadian walaupun HP atau ponsel sudah memiliki sensor kompas tapi kadang  jarum kompas menunjukkan arah yang salah dan tidak berfungsi dengan semestinya. Cara mengatasinya bisa dengan mencoba mengerakkan ponsel  menyerupai angka delapan. Lakukan berulang-ulang kali secara perlahan sampai arah jarum kompas berfungsi.

Aplikasi kompas di android memang bisa sangat berguna untuk menunjukkan arah dan juga bisa digunakan untuk penunjuk arah kiblat untuk umat Islam. Jadi kalau ingin menggunakan aplikasi kompas di ponsel android kamu maka kamu harus membeli ponsel yang memiliki sensor kompas di perangkat ponsel tersebut.
Alasan aplikasi kompas dan penunjuk arah kiblat tidak berfungsi di ponsel android kamu 4.5 5 Lilis Sunday, August 5, 2018 Ada yang coba download aplikasi kompas di android tapi tidak berfungsi? Arah kompas tidak bergerak dan tetap tidak berubah seperti layaknya ...



5 comments:

  1. Saya baru tahu, ternyata kompasnya bisa tidak berfungsi juga, ya. Kebetulan, kompas di hp saya sudah bawaan hp nya hehe.

    ReplyDelete
  2. Untungnya, kompas di hp saya bisa berfungsi. Tapi, lokasi haru on, agak susah kalau misalkan nggak ada koneksi internet

    ReplyDelete
  3. Kayanya samsung m11 gak ada fitur kompas deh

    ReplyDelete
  4. Kehapus fitur kompasnyan bagaimana cara mengembalikan yang

    ReplyDelete
  5. Hp saya Samsung A5S juga gak ada sensornya

    ReplyDelete