Pengalaman upgrade kartu 3G ke 4G yang terdaftar di Bank di GraPARI Telkomsel

 on Monday, January 14, 2019  

Ini pengalaman saya mengganti kartu simcard Telkomsel Simpati yang masih 3G ke 4G. Saya upgrade ke 4G agar bisa menikmati internet 4G LTE yang lebih cepat daripada 3G. Sebenarnya bisa saja kita membeli nomor perdana baru yang memang sudah mendukung 4G namun nomornya baru sedangkan kita tetap ingin menggunakan nomor yang lama.

Sebelumnya saya sudah menulis bagaimana cara upgrade kartu 3G ke 4G sendiri tanpa perlu ke Grapari di link ini. Namun ternyata tidak semua bisa dengan cara tersebut. Untuk pemilik kartu SIMCard yang nomornya sudah didaftarkan untuk transaksi SMS banking/MBanking berarti no hp sudah terhubung ke perbankan jadi harus upgrade kartu/ganti kartu 4G ke Grapari.

Kartu SimCard saya sudah terdaftar di perbankan yaitu Bank Mandiri untuk digunakan SMS banking/Mbanking. Pergantian atau upgrade kartu ke 4G untuk nomor yang terdaftar di bank, (Mbanking / Perbankan )  harus ke kantor layanan providernya. Untuk pengguna Telkomsel bisa datang ke GraPari. Hal ini sepertinya untuk keamanan dari pelanggan sendiri karena nomornya bisa digunakan untuk transaksi perbankan.

Saya datang ke Grapari Telkomsel yang ada di Gandaria City karena tetap buka walau di hari Minggu. Sebelum masuk ke Grapari, kita mengambil nomor antrian di depan pintu masuk. Ada petugas yang membantu kita untuk mengambil nomor antrian. Kita ketik nomor HP Telkomsel kita di layar mesin antrian nanti langsung keluar kertas nomor antrian kita. Setelah mengambil nomor antrian, kita masuk ke ruangan tunggu.


GraPARI Telkomsel Gandaria City


Setelah dipanggil saya langsung dilayani petugas customer service. Untuk pergantian kartu  ganti simcard ke 4G kita hanya diminta E-KTP. Petugas akan bantu isi formulir dan kita tinggal tandatangan pada formulir penyataan permintaan perubahan kartu ke 4G. Selain itu kita diminta untuk membeli paket hiburan sebesar 20 ribu yang diambil dari pulsa kita di nomor yang akan diupgrade menjadi 4G. Karena kartu saya sudah terhubung ke perbankan, CS meminta izin untuk membawa HP kita yang ada nomor simcard lama itu untuk didaftarkan.   Tidak lama menunggu, CS datang membawa kartu simcard baru 4G seperti gambar di bawah.



Setelah sukses nomor kita diupgrade ke 4G maka simCard lama tidak bisa digunakan lagi. Kita tinggal keluarkan SIMCARD lama dan ganti dengan kartu simcard yang baru tadi. Setelah dimasukkan kartu Simcard yang baru nomor sudah sukses upgrade ke 4G. Nomor tetap tidak berubah walau menggunakan kartu yang baru tadi. Paket internet juga tidak hangus masih tetap sama. Kita sudah bisa menggunakan  internet 4G LTE dengan kartu baru ini.  Setelah kartu baru dipasang ada SMS yang menanyakan bagaimana pelayanan GRAPARI. Saya langsung beri angka 5 karena pelayanan yang memuaskan.

Untuk nomor kontak yang tersimpan di kartu lama ternyata tidak ikut tersimpan di kartu yang baru. Tapi tidak pelu khawatir karena kartu lama tidak diminta dan masih kita pegang. Kita tinggal masukkan lagi kartu lama ke HP untuk membaca nomor kontak itu dan backup ke memori ponsel. Setelah itu keluarkan lagi kartu lama dan ganti dengan kartu yang baru. 

Saya coba untuk transaksi Bank dengan kartu baru ini dan ternyata tidak ada masalah. Transaksi Bank Mandiri  masih bisa lancar seperti biasa.

Selain mengganti kartu simcard Telkomsel, saya juga menyempatkan untuk mengganti kartu XL saya yang juga masih 3G. Lokasi XL center juga ada di Gandaria City, tulisan XL centernya tertulis XL Prioritas. Sama seperti di Grapari, sebelumnya kita mengambil nomor antrian dulu. Untuk pergantian kartu XL dari 3G ke 4G kita hanya disuruh mengisi formulir dan memperlihatkan EKTP kita. Ganti kartu XL ke 4G ini gratis tanpa  dikenakan biaya. Untuk kartu nomor XL saya ini tidak terhubung ke jasa perbankan jadi prosesnya lebih mudah. Kartu lama XL kita diminta dan kita diberikan kartu baru yang sudah mendukung 4G.



Itu pengalaman saya mengganti kartu SIMCARD 3 G ke 4 G untuk Telkomsel dan XL.

Catatan: Tulisan ini pengalaman asli saya pribadi. Yang saya upgrade kartu Telkomsel ke 4 G. Saya upgrade di Grapari Gandaria City. M-Banking yang dipakai untuk nomor telkomsel saya adalah Bank Mandiri. Ini pengalaman asli sendiri bukan dari kata orang lain.. Kalau yg XL enggak didaftarkan ke Bank.

Kalau ada yang tidak bisa seperti saya mungkin Graparinya beda (bukan di Gandaria City).. Kartunya beda (bukan Sempati-Telkomsel) dan Banknya beda (bukan Mandiri). Pengalaman orang mungkin berbeda tergantung kartu dan rekening bank yang dimiliki.

Solusinya buat yang masih kesulitan bisa disarankan untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada bank nya baru upgrade ke 4 G. Atau menonaktifkan layanan perbankan terlebih dahulu melalui bank. Setelah kartunya diupgrade baru didaftarkan lagi layanan bankingnya ke Bank. 


Pengalaman upgrade kartu 3G ke 4G yang terdaftar di Bank di GraPARI Telkomsel 4.5 5 Lilis Monday, January 14, 2019 Ini pengalaman saya mengganti kartu simcard Telkomsel Simpati yang masih 3G ke 4G. Saya upgrade ke 4G agar bisa menikmati internet 4G LTE ya...



34 comments:

  1. Lol lu di sposorin telkomsel kali?
    Susah klo udh nyangkut ke perbankan² apa tau lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan ini engak disponsori Telkomsel kok.. Ini pengalaman pribadi. Kalau bisa saya bilang bisa kalau engak bisa saya bilang enggak bisa.
      Tadinya saya pikir juga bakal enggak bisa dan ruwet tapi tenyata mudah. Silakan coba sendiri saja upgrade kartu nya langsung ke Grapari.

      Delete
    2. Tidak segampang yang anda ceritakan, ribettt

      Delete
    3. Kak mau nanya kalau ganti kartu indosat 3g ke 4g tapi beli nya di internet tapi sudah bisa tapi sedangkan nomer kita terdaftar di m bangking itu gimana ya bahaya gak trus juga ini banking nya gak bisa punya saya .tolong di jawab terima kasih

      Delete
    4. Ribet. Saat ke grapari, pelayananya menuengkelkan, saya sudah 3x bolak-balik. Tp masih belum juga bisa
      Pertama saya bawa karna hp saya terdaftar di sms bankin, di suruh balik bulan depan.
      Setelah saya balik bulan depan di suruh bawa kk, ktp yg asli. Ok.. saya balik ambl kk dan ktp. Setelah saya bawa, alasan mereka yg bikin darah tinggi gangguan jaringa 🤬🤬🤬.
      Pelayanan sangat sangat sangat tidak memuaskan.
      Mereka pikir kami tidak punya kesibukan yg lain 🤬🤬🤬

      Delete
  2. Terimakasih infonya bro, sya cba ke GraPARI dlu, mudah mudahan bisa. kartu saya terhubung ke mbangking mandiri juga

    ReplyDelete
  3. Aku blum mncoba mudahan bisa di upgrade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane udah cuba upgrade telkomsel 3G ke 4G awalnya aplikasi brimo normal tapi setelah seminggu Aplikssi error gak bisa login

      Delete
    2. Betull.. Punya aku selang 6Jam otomatis keblokir dan harus reaktivasi ke kantor bri

      Delete
  4. Repot om hrus pakai buku tabungan segalah trus yg terdaftar di asuransi hrus bawah buku asuransi segala,pokoke ribettttttt bgat sampua sekarang sy masih pkai 3g gara2 itu bolak balik ngk kelar2

    ReplyDelete
  5. Saya baru upgrade 3G (pemakaian kartu sudah 10 tahunan) ke 4G, kartu upgrade beli di counter HP, upgrade saya lakukan sendiri bukan di counter, kartu dan HP saya gunakan untuk mbanking, awalnya ragu dan sempat kepikiran untuk ke grapari, tapi setelah saya coba ternyata tidak ada kendala sama sekali (tidak ada SMS nomor terhubung perbankan), kurang dari 15 menit 4G sudah aktif dan pulsa ataupun kuota internet berpindah ke kartu yang baru, ini pengalaman saya pribadi

    ReplyDelete
  6. kl pengurusan upgrade nomernya di wakilkan bs gak?
    Trus syaratnya ap aja
    Krn nomer trlnjur trdftr di m banking
    Tolong bantu jawab dong
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya datang sendiri. Syaratnya bawa EKTP sama nomor ponsel yang akan diupgrade ke 4g.

      Delete
    2. ga perlu pk rekening koran/butan??

      Delete
  7. Bayar nggak? katanya bayar 110.000 d tmpat saya( Jayapura)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma disuruh beli paket hiburan sebesar 20 ribu itu pun dari potong pulsa aja.

      Delete
  8. Saya jga bgtu ada sms bangkinhx cmn katax sruh menunggu 2 bulan lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya habis ganti kartu telkomsel. Tapi langsung jadi. Pdaahal nmr saya terhubung ke BCA & Mandiri. Tapi saya diminta identitas lainya selain EKTP, misalnya SiM, BPJS, atau NPWP. Gratis kok. Kalo saya pake KTP & SIM

      Delete
  9. kalau kartu yang ada akun banking nya langsung kita upgrade sendiri ke kartu perdana 4G bisa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sp ngga bisa pengalaman pribadi coba Upgred sendiri ga bisa karna no terdaftar sebagai pengguna layanan perbankan,,kalo XL kata nya bisa kata orang yg pake kartu XL kebetulan terdaftar no di perbankang kata nya bisa Upgred sendiri

      Delete
  10. Seandainya kalau nomor nya di non aktifkan dulu ke bank bagian CS untuk SMS bangking, IB atau M.banking nanti bakal bisa diaktifkan kembali ke bank setelah di ufgrade kartu ke 4G, apakah bakal bisa kalau proses seperti itu ?? Terima kasih buat yang jawab, soalnya kalau ke grafari malas ngantrinya

    ReplyDelete
  11. Bagaimana klo di upgrade melalui *888*46# tanpa datang ke grapari.sementara kartu 3g nya terdaftar di bank tapi tidak terdaftar di sms banking/mobile banking.

    ReplyDelete
  12. Kantor Telkomsel itu grapari namanya?? Apa beda?

    ReplyDelete
  13. Saya pakai kartu alm suami saya bisa gk ya di upgrade jaringan nya saya juga pakai mbanking bca

    ReplyDelete
  14. Ganti kartu hilang di grapari Ungaran, posisi kartu dipakai internet banking. 10 menit selesai.. modal KTP dan SIM, GRATIS. ga ada biaya apapun, atau disuruh beli paketan.
    Nikmat Tuhan mana yg kau dustakan... 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya, lupa.. nama CS nya mba Meila. Makasih Mba. 👍👍

      Delete
  15. Tambahan, saya pakai Mandiri dan BRI
    di kartu yg hilang 🤣

    ReplyDelete
  16. Punya saya mbangking nya kok gak bisa login ya? bantu dong

    ReplyDelete