iPhone 5, smartphone pertama yang hadir dengan Nano-SIM

 on Sunday, September 30, 2012  

Apple telah meluncurkan smartphone terbarunya, iPhone 5. iPhone 5 diumumkan secara resmi pada tanggal 12 September kemarin. Smartphone ini telah mendapat sambutan yang baik dari konsumen.  Antrian panjang orang berderet di seluruh dunia hanya untuk membeli ponsel pintar iPhone 5 ketika ponsel ini baru diluncurkan pada 21 September kemarin di beberapa negara.

Jika dibandingkan dengan Iphone sebelumnya, Iphone 5 ini tentu lebih bagus daripada Iphone 4S. Ukuran layar iPhone 5 lebih besar dari iPhone sebelumnya, yaitu 4 inci. iPhone 5 memiliki ketipisan 7,6 mm, lebih tipis sekitar 18 persen dari iPhone 4S, sedangkan beratnya sekitar 112 gram atau 20 persen lebih ringan dari 4S. iPhone 5 pun lebih panjang dibandingkan iPhone generasi sebelumnya disebabkan penggunaan layar 4 inci dengan rasio 16:9.

iPhone 5 dilengkapi prosesor Apple A6.  Prosesor A6 ini disebut-sebut dapat memberi kecepatan lebih cepat dua kali dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPhone 4S. iPhone 5 hadir dengan sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS 6. OS ini hadir dengan aplikasi Apple Maps, Passbook, Siri yang lebih pintar, dan layanan FaceTime melalui jaringan 3G. Untuk kamera, Apple telah melengkapi iPhone 5 dengan kamera 8 MP dengan fitur baru seperti dynamic low picture, yang dapat menghasilkan foto terbaik walau dalam kondisi pencahayaan minim, tanpa flash.

iPhone 5 juga merupakan smartphone pertama yang hadir dengan Nano-SIM. Sebelumnya, iPhone 4 juga menjadi yang pertama dalam penggunaan kartu Micro-SIM. Ukuran kartu Nano SIM lebih kecil dari Micro SIM. Ukuran Nano-SIM yaitu berukuran: 12,3mm x 8,8mm x 0,67mm. Di Indonesia, kita tidak perlu khawatir untuk mendapatkan kartu Nano SIM karena beberapa operator seperti XL telah menyiapkan kartu Nano SIM tersebut. XL dikabarkan akan menjual kartu nano SIM dengan harga hanya Rp3000/kartu.

Di Indonesia, operator Telkomsel, XL, dan Indosat yang menjadi distributor iPhone serta toko gadget online pun seperti toko gadget online Juragan Gadget akan memasarkan iPhone 5 pada bulan Oktober ini. Untuk harganya iPhone 5 ini kabarnya pada awal peluncurannya di Indonesia akan dijual sekitar Rp 8,9 juta untuk spesifikasi paling rendah. Ada tiga varian iPhone yang terbagi atas kapasitas media penyimpanan, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB. Namun dalam tiga bulan ke depan, harganya diprediksi turun dan stabil di kisaran Rp 6 juta.

iPhone 5 ini memang sangat canggih. Namun sayangnya iPhone 5 tidak memiliki fitur Near Field Communication (NFC) yang terdapat pada smartphone canggih lainnya.Teknologi NFC adalah teknologi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan pengguna untuk sharing foto/video, membuat pembayaran atau pertukaran data lainnya dengan hanya mendekatkan perangkat yang dilengkapi NFC ke perangkat yang memiliki fitur serupa. Iphone 5 ini juga mendapat kritikan terkait aplikasi peta Apple Maps yang banyak kesalahannya. Apple memilih untuk menggunakan aplikasi pemetaan sendiri untuk menggantikan Google Maps namun kualitas aplikasi pemetaan buatan Apple, Apple Maps ini masih belum begitu bagus.


Spesifikasi Iphone 5


Prosesor:Prosesor A6, Dual core, 1000 MHz
Sistem Operasi: iOS 6
Ukuran: Height: 4.87 inches (123.8 mm), Width: 2.31 inches (58.6 mm), Depth: 0.30 inch (7.6 mm), Weight: 3.95 ounces (112 grams)
Layar: 4-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display, 1136-by-640-pixel resolution at 326 ppi, Retina display
Memori: 16GB / 32GB /  64GB
Kamera Depan: FaceTime HD camera with 1.2MP photos
Kamera Belakang: 8-megapixel iSight camera
konektivitas: 4G LTE, 802.11a/b/g/n Wi-Fi (802.11n 2.4GHz and 5GHz), Bluetooth 4.0 wireless technology
Positioning: A-GPS, Glonass, Cell ID, Wi-Fi positioning
Navigation: Turn-by-turn navigation
Baterai: Built-in rechargeable lithium-ion battery, Talk time: Up to 8 hours on 3G, Standby time: Up to 225 hours

Gambar: www.apple.com
iPhone 5, smartphone pertama yang hadir dengan Nano-SIM 4.5 5 Lilis Sunday, September 30, 2012 Apple telah meluncurkan smartphone terbarunya, iPhone 5. iPhone 5 diumumkan secara resmi pada tanggal 12 September kemarin. Smartphone ini...



1 comment: