Cara mengatasi masalah memori di ponsel android yang penuh

 on Wednesday, February 21, 2018  

Pengguna ponsel android sering kali mendapat masalah RAM cepat sekali penuh sehingga ponsel android jadi lemot. Padahal aplikasi yang diinstal sedikit dan juga file foto, musik atau video juga tidak terlalu banyak tapi tetap saja memori ponsel android penuh. Ponsel android biasanya kini sudah memiliki memori internal sebesar 4GB, 8GB, 16GB dan 32 GB. Namun ternyata memori itu tidak cukup dan sering penuh.





Sebenarnya memori ponsel android yang ada itu terpakai oleh file sistem dan file aplikasi yang sudah diinstall.  Memori ponsel juga bisa penuh disebabkan oleh penumpukan file cache di memori yang terlalu banyak.  Cache memori adalah tempat menyimpan data sementara.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah memori di ponsel android yang penuh
Hapus cache
Buka Pengaturan > aplikasi manager > pilih dan buka aplikasi yang akan di hapus cache-nya> clear cache.

Hapus data browsing
buka aplikasi Chrome Chrome. Buka  Setelan. Pada bagian "Lanjutan", tap Privasi berikutnya Hapus data browsing.
browser lainnya seperti UC browser, firefox, Operamini dll juga ada fitur untuk hapus data browsing

Hapus aplikasi yang jarang dipakai
Untuk menghemat ruang penyimpanan sebaiknya aplikasi yang jarang dipakai di-uninstall.

Pindahkan aplikasi ke SD Card
Unntuk yang ini tidak semua ponsel android bisa juga tidak semua aplikasi bisa dipindah ke SD Card. Untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, pilih menu penyetelan > menu Apps, dan ketuk pada Storage (penyimpanan). klik tombol “Change untuk pindahkan aplikasi ke SD Card.

Kalau memang ponsel android masih selalu bermasalah, pengguna bisa mengembalikan hp android ke data pabrik, dengan factory reset. Hal ini akan membuat ponsel android seperti baru saat pertama kali membeli. Tapi tentunya semua data dan aplikasi akan terhapus.

Cara mengatasi masalah memori di ponsel android yang penuh 4.5 5 Lilis Wednesday, February 21, 2018 Pengguna ponsel android sering kali mendapat masalah RAM cepat sekali penuh sehingga ponsel android jadi lemot. Padahal aplikasi yang diinst...



No comments:

Post a Comment